20 Mainan Jadul yang Bikin Semua Anak ’90an Terjebak di Ruang Nostalgia

Kamu yang tumbuh di era ’90-an, pasti sekarang sudah jarang menemukan mainan semasa kecilmu dulu. Entah dari permainan seadanya yang nggak perlu peralatan, sampai ke jenis mainan yang cukup banyak tetek bengeknya. Apapun jenis permainannnya, di masa itu kamu tetap aja merasa bahagia.

Sekarang, walaupun jenis permainan masa kanak-kanakmu jarang ditemukan lagi. Setidaknya dengan membaca ulasan Hipwee kali ini, kamu bisa bernostalgia lagi sambil sedikit cekikikan…

 

1. Kamu udah keren banget kalau waktu kecil kamu bisa jago main yoyo!

Yoyo adalah alat permainan yang terbuat dari kayu dan di bagian tengahnya terdapat tali yang cukup panjang untuk ditarik-ulur oleh pemainnya. Sekalipun kelihatannya sederhana, tapi permainan ini membutuhkan keterampilan khusus dan PD pastinya. Karena kalau kamu nggak pas sewaktu menarik atau mengulur talinya, gagal pula pertunjukkan mini-mu hehehe. Wajar aja yang bisa main yoyo dibilang keren dan beken ya pada jaman itu.

 

2. Main dakocan baru seru kalau bisa menang sampai jumlahnya ratusan…

Mainan yang satu ini emang kurang seru kalau cuma sekedar untuk dimenangkan belasan atau puluhan aja. Nggak heran mainan plastik yang berbentuk aneka jenis hewan dan berwarna-warni ini kadang bikin ketagihan. Nggak puas rasanya kalau dakocan yang terkumpul jumlahnya belum ratusan.

 

3. Dulu kamu nggak bisa dibilang kece kalau belum sempat tiup gelembung dengan aroma khas ini.

Gelembung balon karet berwujud semi cair ini pernah juga pernah merajai mainan di masa kejayaannya. Selain harganya yang ramah di kantong, balon ini juga bisa dibentuk menyerupai boneka atau sekedar ditiup untuk diterbangkan.

 

4. Kalau udah sering menang di permainan yang satu ini, telapak tangan kamu pasti udah sakit sakti banget!

Jenis mainan yang satu ini emang paling kocak untuk dikenang. Gimana nggak, zaman dulu bisa-bisanya kita beranggapan telapak tangan lawan main kita itu sakti, kalau dia sering menang. Siapa yang dulu rela sampai telapak tanggannya merah demi memenangkan permainan ini ?

 

5. Gara-gara suka main bongkar pasang, sekarang kamu jadi stylish abisss

Mainan kaum perempuan yang ini memang nggak ada duanya. Nama jenis permainan ini disebut bongkar pasang, karena kamu bisa sesukamu membongkar beragam pakaian mainan yang kamu punya, lalu kamu pasangkan sesuai dengan yang kamu inginkan. Mungkin dari hobi main beginian, sekarang kamu jadi nggak susah kalau mau tampil stylish. Pasalnya dari dulu, kamu sudah belajar untuk mix & match pakaian karakter yang kamu mainkan di situ.

 

6. Demi ngelihatin kapal-kapalan ini, kamu rela jongkok berjam-jam!

Tok-kelotok-kelotok bunyi khas yang dihasilkan dari kapal perang mainan ini. Mendekati peringatan hari 17 Agustus, biasanya semakin ramai pula yang menjual mainan satu ini. Ketika tuasnya sudah ditarik dan diletakkan di atas air, entah kenapa kamu jadi rela jongkok demi ngelihatin kapal-kapalan ini berputar-putar di baskom-mu. Sampai sekarangpun, ini masih jadi misteri…

 

7. Yang sekarang jago lompat mungkin dulu main lompat karet saban sore.

Demi bisa main lompat tali, kamu rela beli karet gelang berbungkus-bungkus untuk dikaitkan sampai membentuk tali yang panjang. Selain berolah-raga, main ini juga buat kamu jadi jago lompat, dari yang tingginya hanya sedengkul saja sampai setinggi kepala.

 

8. Andaikan semua pesawat terbang bahan bakarnya nggak pakai aftur, tapi cuma pake hawa nafas…

Pesawat yang sempat menduduki peringkat teratas dalam sejarah maskapai penerbangan mainan ini juga nggak kalah misterius. Konon katanya, barang siapa yang akan menerbangkannya diharuskan meniup ujung pesawatnya terlebih dahulu. Apa kamu termasuk salah satu dari mereka yang suka meniup ujung pesawat itu ?

 

9. Kelereng, gundu, ekal dan entah apalagi namanya; yang pasti kamu pasti tahu permainan apa ini…

Jenis permainan yang satu ini juga nggak kalah menarik. Selain faktor keberuntungan, cuma orang dengan konsentrasi tinggi yang bisa memenangkan permainan ini. Pasalnya mereka harus membidik dengan jitu kelereng lawan dengan kelereng mereka. Percaya deh, yang jago main kelereng bukan orang sembarangan.

 

10. Sebelum beken di kancah internasional, ‘lego’ ternyata juga sempat hits di skala lokal

Lego-legoan zaman dulu juga nggak kalah canggih dengan Lego yang hits sekarang. Di era-nya dulu, lego-legoan ini juga sudah bisa berevolusi jadi beraneka-rupa bentuk mainan yang kita mau. Dari mulai belajar bangun ruang dengan bikin rumah-rumahan sampai bikin pesawat-pesawatan. Everything was awesome!

 

11. Bahagiamu dulu sederhana, cuma dengan punya kipas warna ini…

Ayo angkat tangan siapa yang dulunya bahagia banget kalau sudah mengoleksi kipas warna yang dijual mas-mas di depan sekolahmu ? Bentuk dan warnanya yang beraneka-ragam membuat hidupmu dulu juga jadi sangat ceria.

 

12. Nggak bisa main busur panah yang beneran, main ketapel pun jadi!

Jenis permainan tradisional yang satu ini setidaknya pernah mengobati keinginanmu untuk main busur panah. Eits, nggak cuma itu aja. Untuk ukuran anak-anak, kalau dipikir-pikir ternyata kamu juga dulu cukup kreatif ya, untuk mencari ranting pohon yang cocok dijadikan ketapel andalanmu. Semoga aja dulu ketapelmu nggak dipakai untuk ngisengin nembak hewan atau buah punya tetangga ya..

 

13. Siapa yang suka tukeran isi binder dengan temannya dulu?

Siapa yang dulu suka ngerengek-rengek minta dibeliin mamanya kertas binder yang isinya 50 pcs atau 100 pcs ? Kalau ditanya buat apa banyak-banyak, kan nulisnya pakai buku tulis biasa ? Dengan entengnya kamu menjawab: buat dituker sama punya teman-teman, Ma.. Bangganya kamu kala itu kalau sudah berhasil menukar kertas-kertasmu dengan kertas temanmu.

 

14. Meskipun dulu kakimu belum pernah menjejaki luar negeri, setidaknya kamu sudah nyicil menjelajahinya lewat mainan monopoli.

Cuma lewat mainan ini, kamu bisa keliling dunia tanpa pakai passport. Lumayanlah ya mulai memupuk mimpi dari kecil untuk jadi traveler nantinya. Eh ngomong-ngomong, lewat monopoli juga ‘kan ya, yang bikin kamu jadi anak yang paling bangga punya uang ratusan ribu  *tapi uang mainan*

 

15. Cuma lewat mainan ini, kamu jadi seneng kalau melihat lawan mainmu ketemu ular *evil laugh*

Bisa ketemu tangga saat lawan mainmu ketemu ular adalah nikmat yang tergantikan…

 

16. Siapa yang sering ngerjain temannya pakai tulisan gini? Hayo ngaku!

Wah-wah ampun deh kalau kamu jadi salah satu orang yang dulu hobinya main beginian. Nempelin kertas di punggungnya temanmu, dari yang mulai bertuliskan “Aku Gila”, “Aku Jelek”, sampai sindiran-sindiran lainnya. Ya ampun.. kalau dulu isengnya gitu, kebayang sekarang isengnya gimana ya..

 

17. Dulu, udah punya Gameboy yang isinya cuma bisa main tetris aja bangganya bukan main.

Jaman dulu tetris paling heboh kalau mainnya lewat Gameboy ini. Kalau sudah menyentuh Gameboy-mu, waktu makan dan tidur siangpun biasanya jadi terbengkalai. Jadi dulu wajar aja ya kalau Gameboy-mu jadi diamankan sementara oleh orang tuamu supaya kamu nggak lupa waktu.

 

18. Setuju nggak gara-gara Nintendo, kamu jadi betah main di rumah ?

Waktu kamu kecil, mungkin orang tuamu sampai kehabisan cara ya untuk memintamu main di rumah. Sampai akhirnya kamu dibelikan Nintendo ini, mendadak kamu langsung jadi anak manis rumahan yang betah main seharian.

 

19. Kamu langsung panik kalau hewan peliharaanmu di tamagotchi sakit

Meskipun dulu kamu belum punya hewan peliharaan beneran, tapi dengan adanya tamagotchi ini sudah cukup melatihmu untuk jadi pemilik hewan yang baik. Jenis mainan buatan Jepang ini setidaknya dulu berhasil melatihmu untuk selalu on time memberi makan hewan peliharaanmu. Kamu juga langsung panik tuh waktu hewan peliharaanmu sakit. Semoga paniknya nggak sampai sekarang ya 😉

 

20. Kalau kamu paham artinya bahasa gugu gaga ini, berarti dulunya kamu tukang gosip

Kamu tahu artinya Bahasa di atas ? Bagi yang nggak tahu, selamat ya.. Berarti kamu anak baik hehehe.. Bagi yang tahu ? Hayoo.. Dulu kalian gosipin siapa ?

 

Secuplik permainan-permainan di atas membuat hidupmu sangat berkesan. Mungkin inilah alasan kenapa masa kecilmu adalah masa-masa yang paling dirindukan ya. Selamat bernostalgia teman-teman 😀

20 Mainan Jadul yang Bikin Semua Anak ’90an Terjebak di Ruang Nostalgia

author
No Response

Leave a reply "20 Mainan Jadul yang Bikin Semua Anak ’90an Terjebak di Ruang Nostalgia"