Bawaslu Jeneponto Gelar Sidang Adjudikasi Sengketa Proses Pemilu

LINKBERITA.COM, JENEPONTO – Panitia Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Sidang Adjudikasi Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu. Kamis (23/8/2018).

Ketua Bawaslu Jeneponto, Saiful kepada Wartawan mengatakan Sidang Pemilu yang di gelar di awali dari mediasi hingga pada tahap Adjudikasi. Sidang itu ditunda dan akan berlanjut besok.

Selaku termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto belum menyiapkan jawaban pada sidang yang berlangsung itu, sehingga akan di lanjut besok 24 Agustus 2018.

Sidang sengketa proses pemilu tersebut sudah menjadi tugas dan kewenangan Bawaslu Kabupaten yang di amanahkan oleh Undang Undang.

“Proses Penyelesaiannya ada dua, melalui mediasi dan Bawaslu bertindak sebagai mediator, jika ada kesepakatan dar pihak pemohon dan termohon dalam sengketa ini tidak dilanjut.

Bawaslu Jeneponto Gelar Proses Penyelesaian Sidang sengketa Pemilu. Kamis (23/8/2018)

Namun dari pihak pemohon dan termohon akhirnya menempuh jalur Sidang adjudikasi yang baru saja digelar itu. Bawaslu akan bersidang selama 12 hari kerja untuk memutus sengketa proses pemilu.

Dalam Sidang tersebut punya tahapan, pembacaan permohonan termohon dan jawaban termohon, tanggapan pihak terkait, pembuktian dan kesimpulan para pihak dan putusan.

“Jadi, Keputusan Bawaslu Kabupaten bersifat final dan mengikat bagi para pihak itu,”ujar Ketua Bawaslu Jeneponto, Saiful.

Ketua PSI Jeneponto Hardianto Haris membernarkan sidang adjudikasi ditunda dan akan dilanjut besok sekaitan dengan pihak KPU Jeneponto selaku termohon/tergugat belum menyiapkan jawaban.

“Hari ini sudah dilakukan pembacaan pemohon terkait pemilu, namun dari pihak Komisioner KPU Jeneponto belum memberikan jawaban, besok sidang pemilu ini akan dilanjut,”kata Hadianto.

Redaksi