Berikut Rincian Ribuan KTP Elektronik Dimusnahkan di Bantaeng

LINKBERITA.com, BANTAENG | Sebanyak 7.227 keping KTP elektronik (KTP-el) invalid dimusnahkan oleh Dinas Kependudukan dan penctatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Selasa (18/12/2018).

Pemusnahan KTP-el invalid itu sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan dan kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan serta menghindari penyalahgunaan, atau tercecer.

Kepala  Disdukcapil Bantaeng, Amri Pakanna, menyampaikan pemusnahan dilakukan di depan kantor dukcapil adalah bentuk pencegahan penyalagunaan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

“Ada Sekitar 7.227 KTP-el yang dimusnakan dengan berbagai macam faktor, ada yang ganda, pindah rusak, kedaluarsa, dan meninggal dunia,”ucapnya.

Dikatakan Amri, hal ini sesuai Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor: 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el rusak atau invalid.

“Kemendagri menginstruksikan kepada seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar memusnahkan KTP-el dengan cara dibakar,”sebutnya.

Sementara Ketua KPU Bantaeng, Hamzar, dalam penyampaiannya warga yang telah memiliki KTP-el bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 mendatang.

“Agar Disdukcapil tetap melakukan pencegahan dan meminimalasir penyalagunaan terhadap oknum,”kata Hamzar kepada Wartawan.

Hadir dalam pemusnahan di antaranya Kasat Reskrim Polres Bantaeng Iptu Asian Sihombing, Kasat Shabara Polres Bantaeng AKP Syamsul, Kepala Kesbangpol Bantaeng Faisal, dan para komisioner KPU Bantaeng.

Berikut Rincianya 7.227 keping KTP-el yang dimusnahkan :

-Kecamatan Bissappu 1.269 keping
-Kecamatan Bantaeng 1.669 keping
-Kecamatan Eremerasa 446 keping
-Kecamatan Pajukukang 857 keping
-Kecamatan Tompobulu 719 keping
-Kecamatan Uluere 347 keping
-Kecamatan Gantarangkeke 312 keping
-Kecamatan Sinoa 449 keping
-KTP fungsional 373 keping
-Rusak/tanpa data/kosong 161 keping
-Pindah datang 625 keping. (Hardi – Suarni)