BPS Jeneponto Gelar Apel Hari Statistik Nasional

LINKBERITA.COM, JENEPONTO – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jeneponto menggelar apel dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional  (HSN) 2018, di depan Halaman Kantor Statistik Kabupaten Jeneponto, Rabu, (26/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPS Jeneponto Mukrabin, SE, MM memimpin apel dan diikuti seluruh jajaran pegawai BPS Kabupaten Jeneponto.

Kepala BPS Kabupaten Jeneponto Mukrabin, SE, MM yang membacakan sambutan apel BPS Dr. Suhariyanto mengatakan bahwa tema HSN 2018 yakni “Dengan Data, Tingkatkan Prestasi Bangsa”.

Tema ini mengingatkan kita untuk terus menerus meningkatkan kualitas data yang kita hasilkan dan menjaga independensi. Statistik bukan sekedar deretan angka-angka mati pada Web BPS maupun publikasi yang kita terbitkan. Sebliknya, data dan informasi statistik merupakan landasan untuk membuat perencanaan yang tepat sasaran, melakukan monitoring dan evaluasi serta melihat perkembangan capaian pembangunan, ungkap Suhariyanto.

Suhariyanto menambahkan bahwa pada peringatan HSN 2018 ini, ada tiga hal yang harus kita perhatikan dalam upaya menjaga kredibilitas dan meningkatkan kualitas data BPS.

Pertama.INDEPENDENSI. Kepercayaan tersebut harus dapat kita jaga dengan memastikan bahwa BPS , mulai dari pusat hingga provinsi dan kabupaten/kota, harus tetap independen sampai kapanpun, dalam situasi dan tekanan seperti apapun. Asal kita yakin dengan kualitas data kita, jangan pernah takut menyampaikan kebenaran.

Kedua.INOVASI. Melihat jajaran BPS Provinsi telah banyak menampilkan berbagai inovasi teknis dan non teknis yang masing-maisng sangat menarik dan bermanfaat untuk BPS. Semangat inovasi yang saya nilai sudah baik ini harus terus kita jaga nyala apinya yang saudara miliki.

Ketiga. KOMUNIKASI. Setiap kita harus mampu mengkomunikasikan kepada masyarakat terkait pentingnya data dan informasi statistik yang kita hasilkan untuk mengukur kemajuan pembangunan di Indonesia.

Terkait hal ini, Suhariyanto menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Para statistik muda di BPS, baik pusat maupun daerah, yang telah berhasil menulis diberbagai media nasional, media online maupun media sosial.

Usai menggelar apel Kepala BPS Kabupaten Jeneponto Mukrabin berfoto bersama dengan jajarannya, melepas balon yang berlabel HSN 2018, dan menyampaikan ucapan selamat HSN 2018.  (Arf)