Cabor Barru Petanque Ramaikan Porda XVI SulSel di Pinrang

132

LINKBERITA.COM, BARRU – Kata Petan berasal dari kata Les Ped Tanco atau Petanca berdasar dialek Provençal dari bahasa Occitan yang berarti kaki rapat, salah satu teknik dasar bermain petanque adalah kaki yang rapat tidak mengangkat kaki yang menapak ke tanah.

Agar bisa dikembangkan sebagai cabang olahraga prestasi permainan tradisional ini distandarkan dan dibuat aturan baku yang berlaku universal, dengan induk olahraga petanque internasional bernama Fédération Internationale de Pétanque et Jeu Provençal (FIPJP) yang didirikan di Marseille, Prancis pada tahun 1958.

Baca Juga ! :  Viral di Facebook Kisah Komjen Polisi Jusuf Manggabarani

Cabang Olah Raga Petanque kini telah ikut meramaikan Porda XVI Sul-Sel Pinrang. Sebanyak 6 Atlet putra dan putri cabang olah raga Petanque beserta 3 official siap di berangkatkan menuju Kabupaten Pinrang. Sabtu (22/9/2018).

Pelatih Cabang Olahraga (Cabor) Petanque Barru Ansar Guru SD Inp. Lajoangin mengatakan bahwa kondisi atlet dalam keadaan siap tempur sehingga target untuk mendapatkan medali Insha Allah tercapai.

Zainal Abidin B.Calla selaku Ketua cabor Petanque Barru menambahkan Cabang olah raga petanque baru pertama kali diadakan di PORDA kali ini cabor petanque diikuti 10 kabupaten yang mengirimkan atletnya.

Baca Juga ! :  Video : Isak Tangis Pecah di Rujab Bupati Jeneponto, Pasca Kecelakaan Laut Kapal Wahyu Ilahi

“Kami berharap di doakan semoga Atlet kita dapat menunjukkan permainan terbaiknya untuk Barru,”ujarnya.

Penulis : Tajuddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here