Gerakan Tanam Pohon Beringin Akan Digelar di Desa Ujung Bulu Jeneponto

Peta Lokasi Penanaman 2000 Pohon Bringen di Desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto. Sabtu (23/2/2019).

JENEPONTO | Kabupaten Jeneponto merupakan daerah yang beriklim kering dan memiliki curah hujan yang rendah, mengakibatkan sebagian besar wilayahnya memiliki lahan marginal dan tandus.

Salah satu upaya untuk merekayasa hal tersebut adalah dengan menanam sebanyak-banyaknya pohon yang dapat mengikat air dan menciptakan sumber-sumber air baru.

Adanya ketersediaan air yang cukup akan memantik tumbuhnya lapis-lapis ekonomi baru dan menunjang kegiatan pertanian yang memberikan sumbangan terbesar untuk pendapatan daerah (PAD).

Pemerintah Desa Ujung Bulu, Mansur yang memprakarsai gerakan penanaman pohon beringin dengan tersebu dengan bertemakan “Menanam Pohon Melanjutkan Kehidupan,”

“Gerakan ini merupakan program menanam untuk masa depan, bagian dari adaptasi dan mitigasi bencana, memaksimalkan penyerapan air selama musim hujan dan secara perlahan melepaskannnya di musim kemarau, dan sebagai tabungan pohon yang berpotensi menjadi destinasi agrowisata,”kata Kepala desa Ujung Bulu, Mansur.

Berkenan dengan hal tersebut, dan mengajak seluruh pihak, baik dari pemerintah, akademisi, pelajar, komunitas sosial masyarakat, pelaku-pelaku usaha, dan masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Jeneponto.

“Mari kita bersama-sama menjadi bagian dari sejarah penghijauan secara serentak yang akan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai hari Ju’mat sampai minggu, pada 3 maret mendatang, bertempat di Dusun Bontomanai, Desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia,”tandasnya. Sabtu 23 Februari 2019.