Gubernur Sulsel NA Sampaikan Orasi Ilmiah di Wisuda Politeknik Negeri Ujung Pandang

LINKBERITA.com, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah memberikan orasi ilmiah pada Rapat Senat Terbuka Buka Luar Biasa dalam rangka Dies Natalis dan Wisuda XXXI Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) di Ballroom Anging Mammiri Hotel Dalton, Makassar, Sabtu (20/10/2018). Sebanyak 980 wisudawan/wisudawati.

“Dengan bangga hati atas nama pemerintah dan masyarakat Sulsel mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati. Dan ini adalah bentuk rasa syukur dan hari ini adalah bentuk kebahagian bisa menyelesaiakan pendidikan,” kata Nurdin Abdullah.

Tantangan selanjutnya, bagi wisudawan, dalam peluang kerja adalah bagaiamana dapat memiliki nilai tawar yang tinggi di dunia kerja. Mereka akan memperkuat jajaran lembaga pemerintah, non-pemerintah dan juga dunia usaha.

“Masyarakat Indonesia tidak layak miskin dan menganggur,” sebutnya.

Selain mencari pekerjaan, NA berharap mereka juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Demikian juga dengan sinergi antara pemerintah, dunia usaha dan dunia pendidikan dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, lembaga pendidikan dalam hal ini kampus serta pemerintah harap NA, akan dapat menyediakan dan mencari serta menfasilitasi para alumni untuk mendapatakan pekerjaan.

Ia mencerita pengalamannya, menempuh pendidikan di Jepang selama enam tahun. Di tingkat akhir Ia membimbing mahasiswa Jepang. Sebutnya, setiap wisuda, pasti ada yang tidak di wisuda, bukan tidak lulus, justru karena belum dapat pekerjaan.

“Siapa yang punya tanggung jawab untuk mendapatkan pekerjaan anak-anak kita adalah universitas, tempat mereka belajar, selama mereka belum dapat pekerjaan, mereka diberikan tanggungan oleh universitas dan mereka bekerja di laboratorium,” paparnya.

Hal ini yang coba akan diterapkan ke depan, bagaimana sinergi menyusun program. Bagaimana sebelum mereka wisuda sudah mendapatkan pekerjaan.

Pada satu waktu pertemuan dengan pimpinan PTUP, NA meminta dibuatkan sebuah sistem, dimana sebelum enam bulan sebelum di wisuda, para calon wisudawan sudah tampil di web bursa tenaga kerja lengkap dengan kompetensi mereka.

“Ke depan Politeknik ini harus memikirkan luaran yang dibutuhkan dunia kerja. Jadi memang harus menjalin kerjasama dengan berbagai industri baik lembaga pemerintah dan non-pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum IKA Poltek Ujung Pandang Abdillah Natsir berharap para alumni dapat diterima di dunia kerja, serta. Serta keahlian mereka dapat dimanfaatkan oleh dunia kerja.(*)