Hidayat : Kota Palu Berangsur Stabil, Warga Diminta Kembali Bangun Kampung Halaman

LINKBERITA.COM, PALU — Pemerintah Kotamadya Palu, Hidayat Lamakarate mengatakan Kota Palu sudah mulai berangsur stabil pada lima pasca gempa, tsunami dan likuifaksi, terjadi Jumat 28 September 2018.

Ia meminta kepada seluruh warga Palu yang pengungsi di luar Provinsi Sulawesi Tengah untuk kembali ke kampung halaman masing-masing, membangun kembali daerahnya akibat musibah bencana alam itu.

Harapan itu, ia sampaikan dan berharap agar para pemilik ruko, tokoh untuk segera kembali untuk menciptakan perekonomian yang stabil.

“Kami berharap agar masyarakat para pemilik- pemilik ruko, tokoh yang keluar daerah palu agar kembali ke Kota Palu. Aparat TNI dan Kepolisian sudah menjamin tidak ada kekecauan di Kota Palu. Mari kita bangun kembali kota palu,”kata Hidayat.

Walikota Palu juga menambahkan sejumlah pertokohan banyak yang tutup, sedangkan untuk Pasar-pasar sudah di buka, cuma ruko dan tokoh masih sebagian yang buka karena pemiliknya lari keluar kota lain.

“Para pemilik tokoh kembalilah membuka tokohnya, situasi Palu sudah dianggap normal,”ucapnya.

Selain itu kata dia, penerangan dari PLN dan telekomunikasi sudah mulai membaik dan pembenahannya dapat diperkirakan 70 persen.

“Kota Palu saat ini, termasuk listrik baru sekitar 70 persen membaik, meskipun masih ada dikawasan lain yang bermasalah, tapi semuanya dalam tahap perbaikan,”tambahnya. (Rahmat)