Kemenpora RI, “Pemuda Harus Jadi Kekuatan Moral Bangsa”

LINKBERITA.COM, JENEPONTO — Tiga orang dari pihak Kementerian Pemuda dan Olah Raga melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan Sulsel, tepatnya di kantor Dispora Jl Lanto Dg Pasewang Jeneponto. Jumat (12/10/2018).

Kunjungan tersebut untuk melakukan Verifikasi kabupaten layak pemuda. Jeneponto salah satunya masuk dalam nominator Kabupaten layak pemuda di Indonesia. Setelah melalui tahapan seleksi administrasi melalui radiogram id.

Layak pemuda yang dilaksanakan oleh Kemenpora RI tahun 2018. Dari 22 Kabuapten kota yang ada di Sulsel, terdapat dua kabupaten yang di verifikasi oleh tim kemenpora salah satu Jeneponto dan Gowa.

Pj Sekda Kabupaten Jeneponto, Syafruddin Nurdin mengatakan Jeneponto adalah salah satu Kabupaten yang memiliki banyak pemuda kreatif, Inovatif dan mampu berdaya saing dengan daerah lain.

“Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya spot kreativitas di jeneponto, ada Kopi Rumbia, Sanggar seni, pengembangan potensi kepemudaan dan masih banyak lagi lainnya,”kata Syafruddin.

Pihak Kementerian Pemuda dan olah raga (Kemenpora) Rahmat HS mengatakan kegiatan tersebut dirintis pada tahun 2016, dan telah melakukan verifikasi selama dua tahun di beberapa Kabupaten Kota di Indonesia.

“Pemuda harus menjadi kekuatan moral bangsa untuk memperkuat NKRI tapi jangan lupa anda harus bangkitkan daerah anda,”ucap tim penilai verifikasi itu.

Dari 24 Kabuapten di Sulsel dan se Indonesia salah satunya, mudah mudahan Kabupaten jeneponto menjadi nominasi kota layak pemuda.

“Kita berdoa berdoa saja, ini akan diplenokan di Jakarta dan mudah mudahan dari 24 kota di Sulsel dan Se Indonesia Jeneponto itu salah satunya,”

Staf Dispora Kabuapten Jeneponto Sahrir mengatakan Tiga orang pihak dari Kemenpora Pusat itu, langsung melakukan kunjungan kebeberapa sanggar binaan dispora di Kecamatan Tamalatea sebagai contoh binaan kewirausahaan pemuda.

Setelah itu, melanjutkan kunjugannya ke warkop Dalle untuk menyaksikan langsung racikan kopi khas Rumbia yang bersama Penjabat Sekda Kabuapten Jeneponto dan Kadispora Edy Irate.

“Kemenpora ini akan mengumumkan hasil verifikasi 20 nominator kabupaten kota dan akan diundang menerima penghargaan pada tanggal 28 Oktober di jakarta,”ucap Sahrir. (Awam)