Video : Kopi Rasa Madu Asli Rumbia Jeneponto, Tembus Seleksi Festival di Jakarta

631

LINKBERITA.COM, JENEPONTO – Kopi rasa Madu Bontolojong semakin di kenal oleh penikmat Kopi di kota yang berjuluk Turatea. Penasaran dan ingin mencobanya.

Racikan nikmatnya kopi rasa Madu Bontolojong semakin Maknyus di Coffe Shop & Resto Warkop Dalle, Jl Sultan Hasanuddin, Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto.

Onwer Coffe & Resto Warkop Dalle, Andi Burhanuddin mengatakan Bahan baku Kopi ini berasal dari dataran tinggi di salah satu Kampung Bontolojong Desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia.

“Cara meracik ala Kopi susu Vietnam Drip itu sangat sederhana, cukup diamkan sedikit setelah diseduh kopinya jadi deh, bahan bakunya berasal dari Kampung Bontolojong, Kecamatan Rumbia,”ucap Andi Burhanuddin. Kamis (23/8/2018).

Baca Juga ! :  Cegah Korupsi, KPK Kumpulkan SKPD Jeneponto

Selain itu, kata Andi Burhanuddin, Cita rasa Kopi Rumbia itu, dikenal juga dengan Kopi Turatea asal desa Ujung Bulu, merupakan Kopi Madu kebanggaan Jeneponto. Apalagi sudah menembus seleksi pada Festival Industri Kreatif Kopi di Jakarta.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah kecamatan kelara sangat mengapresiasi anak desa itu yang punya bakat mewakili daerah ini di ajang Festival di Jakarta tahun lalu. Seingat saya tahun 2017 itu,”kata Burhanuddin

Tanaman Kopi Rasa Madu Bontolojong, Desa Ujung Bulu, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Kamis (23/8/2018).

Sementara, Kepala Desa Ujung Bulu Mansur mengatakan, kedua anggota kelompok tani asal Ujung Bulu, sudah dibekali pelatihan khusus tentang tata cara bertani kopi sehingga dapat melahirkan aroma khas kopi cita rasa Madu yang tidak mungkin dimiliki oleh daerah lain.

Baca Juga ! :  Produk Khas Jeneponto di Ajang Nasional, Abon Kuda dan Kopi Rumbia

“Ada ilmu meracik kopi dan terpenting lagi tentu harus di perhatikan kualitasnya. Kopi Bontolojong Rumbia yang juga di kenal Kopi Turatea asal Ujung Bulu dengan cita rasa madunya yang dikenal oleh penikmat kopi di indonesia khususnya di jeneponto Sulsel,”jelas Mansur.

Diketahui, Kopi Bontolojong rumbia, di kenal dengan cita rasa madu itu, pernah mengikuti festival Industri kreatif Kopi Indonesia di tingkat Nasional 2017 di Jakarta pusat.

Kopi asal Kampung Bontolojong, Desa Ujung Bulu, kecamatan Rumbia Jeneponto, di yakini dapat bersaing dengan beberapa jenis kopi dari berbagai daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Baca Juga ! :  Patut di Contoh, Jenderal Bintang Dua Polda Sulsel Suapi Tunas Netra

Jadwal festival industri kreatif kopi Indonesia 2017 itu digelar mulai 30 September sampai 8 Oktober 2017 pada saat itu.

Festival kopi itu di ikuti, beberapa peserta dari berbagai Daerah, termasuk Jeneponto, diwakili dua orang anggota Kelompok Tani Kopi Bontolojong asal Ujung Bulu itu.

Kedua peserta asal desa Ujung Bulu Kecamatan Rumbia itu, Adam Idris dan Nur Amri.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here