Mahasiswa UTS Makassar Gelar Pelatihan Pembuatan LED

178

LINKBERITA.COM, MAKASSAR –Kelompok mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) Makassar, kelurahan Totaka Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar melakukan pelatihan pembuatan lampu hemat energi.

Hal tersebut berlangsung di aula kantor kelurahan Totaka jalan Insinyur Sutami pada Minggu ( 7/10/2018). Pembuatan lampu LED ini menjadi salah satu dari sekian program kerja yang di lakukan oleh kelompok Totaka.

Mahasiswa KKN jurusan teknik elektro, Aksa Haq Fadli juga penggagas kegiatan ini, sekaligus memberikan pelatihan lampu hemat energi atau lampu LED dan murah.

Baca Juga ! :  Gubernur Sulsel Buka Pekan Ekonomi Syariah 2018 di Mari Makassar 

“Ini kita lakukan pelatihan pembuatan lampu LED karena hemat energi misalnya pada Lampu LED 6-9 Watt dapat menghasilkan lumen 450, setara dengan lampu pijar 60 Watt dan murah. Biayanya hanya Rp 20 ribu jika dibandingkan harga lain dipasaran yang mencapai ratusan ribu rupiah,”kata Aksa.

Owner ACAS ( Aksa Audio Car Dan Servis) ini juga menambahkan Alasan sehingga pentingnya menghasilkan teknologi ramah lingkungan.

“Tantangan kita sekarang bukan hanya pada teknologi atau pembangunan, tapi kita harus mampu menciptakan hasil yang bernilai ekonomi dan ramah lingkungan,”ucapnya.

Baca Juga ! :  Petani Jepang Gunakan Drone Masuk Area Persawahan

Sementara Hamdani Nur Kepala lurah Totaka sangat mengapresiasi apa di lakukan teman-teman mahasiswa KKN Universitas Teknologi Sulawesi (UTS) Makassar itu.

Menurutnya kegiatan itu sangat bagus apalagi sudah melibatkan masyarakat terutama kader-kader kelurahan seperti anggota karang taruna.

“Hal ini juga sesuai program walikota makassar adanya Singara lorong. Yang memakai lampu LED dan tentunya melalui pelatihan lampu hemat energi ini. saya berharap bisa di kembangkan oleh kader-kader karang taruna,”sebutnya.

Perlu diketahui khusus untuk di kecamatan ujung tanah mahasiswa kuliah kerja nyata 30 orang dan khusus di Totaka ada 6 mahasiswa.

Baca Juga ! :  Berita Foto : Kondisi Terkini Jalanan Kota Jeneponto, Rusak Parah

“Program kerjanya sebelumnya telah melakukan penanamam pohon, hari ini pembuatan lampu LED ( hemat energi), dan selanjutnya transplantasi terumbu karang, dan beberapa program lainnya,”pungkasnya. (Hardi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here