Perangkat Desa Lolos Masuk DCT, Bawaslu Jeneponto Panggil Komisioner KPU

188
Ketua Bawaslu Kabupaten Jeneponto, Saiful. SH

LINKBERITA.COM, JENEPONTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto meloloskan bakal calon anggota DPRD Jeneponto yang diduga bermasalah dan tercantum namanya dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jeneponto, Saiful mengatakan sudah memanggil komisioner KPU Jeneponto untuk memberikan penjelasan adanya aduan masyarakat.

Caleg tersebut berinisial UR dari PKPI dan IK dari PPP. Mereka maju di daerah pemilihan (Dapil) 2 (dua) meliputi Kecamatan Tamalatea dan Bontoramba.

Kedua Caleg tersebut diduga perangkat desa dan tidak menyerahkan SK pemberhentian selaku perangkat desa dan sudah ditetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) DPRD Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga ! :  Perkosa Anak di Bawah Umur, Bosso di Ancam 15 Tahun Penjara

Bawaslu sudah mengundang pihak-pihak terkait. Selain komisioner KPU, masyarakat yang menyampaikan informasi ke Bawaslu Jeneponto juga sudah dimintai keterangan.

“Setelah cukup bukti bisa saja ada pelanggaran pemilu. Apakah dugaan pelanggran etik, pelanggaran administrasi, dan atau pelanggaran hukum lainnya,” ucapnya.

Saiful menyebut pihaknya sudah menerima beberapa alat bukti. Ada yang diserahkan langsung pelapor, ada juga alat bukti lain yang diperoleh melalui proses investigasi Bawaslu.

“Jadi ini kewenangan baru yang diberikan kepada Bawaslu untuk merespons cepat setiap laporan yang disampaikan masyarakat. Baik secara tertulis maupun informasi lainnya,” tegas Saiful.

Baca Juga ! :  Ketua BPP Perispindo Temui Lies F Nurdin, Bahas IKM

Ketua KPU Jeneponto Muhammad Alwi mengatakan pihaknya hanya menerima berkas sesuai apa yang diajukan bakal calon peserta Pemilu 2019. Tidak sampai menanyakan bahwa dia aparat atau bukan.

“Kami hanya menerima berkas peserta Pemilu saja. Kita juga tidak tahu kalau aparat desa. Kalau soal diskualifikasi atau tidak, tergantung kepada keputusan Bawaslu. Sebelumnya juga kan sudah kita minta tanggapan masyarakat,” kata Alwi. (Awam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here