Tolo, Pasar Kuda Terbesar Jeneponto

LINKBERITA.COM, JENEPONTO – Tolo, dikenal sebagai pasar hewan terbesar di daerah yang berjuluk Butta Turatea, tepatnya di Kelurahan Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan. Sabtu (25/8/2018).

Hari pasar tersebut dua kali seminggu, Selasa – Sabtu. Sejumlah pedagan kuda dari kampung berdatangan untuk memasarkan hewan jualannya dengan harga yang relatif.

Terpantau, di pasar Tolo tersebut didominasi hewan jenis Kuda yang dipasarkan. Kuda itu ada yang di pelihara sebagai hewan ternak dan kebutuhan pesta pernikahan dan lainnya.

Jafar, Salah Seorang pedagan kuda mengatakan kuda kuda miliknya setiap hari Selasa – Sabtu dipasarkan, hanya saja kalau hari selasa kurang ramai pengunjung bahkan pembeli. Selain dipasar, pihaknya juga melayani pembeli dikampung Bontorea.

Suasana para pedagan hewan jenis Kuda di Pasar Tolo Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto. Sabtu (25/8/2018).

“Hari pasar tolo, hari Sabtu kalau Selasa tidak terlalu ramai. Jadi kalau harga kuda ini bervariasi tergantung besar kecilnya, ada yang harga 15 juta, 10 juta dan 8 juta dan lainnya, semua juga orang tahu harga kuda di pasar ini,”Kata Jafar.

Kuda yang di pasarkan itu, ada yang berasal dari Plores dan Kupang yang menempuh jalur laut.

“Lama juga kita kumpul di sana, butuh kesabaran, harganya juga ya sudah mahal. apalagi pedagan kampung sudah bertambah. Kuda ini kita datangkan lewat jalur laut,”tambah Jafar.

Diketahui, Kuda itu, diantaranya ada dari Plores, Kupang yang biasa di bongkar di Pelabuhan Bungen, Desa Bungen, Kecamatan Batang Jeneponto.

Penulis : Lis